:::MAN IDOLAKU:::

Just another WordPress.com weblog

UN Paket C 2009 Di Gelar 3 Juli

Jakarta, Senin (22 Juni 2009) — Ujian Nasional (UN) Paket C 2009 periode pertama akan digelar mulai besok, Selasa (23/06/2009) sampai dengan Jumat (26/06/2009) , sedangkan UN Paket A dan Paket B akan diselenggarakan pada 1 – 3 Juli 2009. Sementara pada periode kedua tahun 2009 untuk UN Program Paket C dilaksanakan pada 10 – 13 November 2009, sedangkan UN untuk Program Paket A dan B dilaksanakan pada 18 – 20 November 2009.

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (Ka BSNP) Mungin Eddy Wibowo saat memberikan keterangan pers di Gerai Informasi dan Media Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, Senin (22/06/2009) .

Mungin menyebutkan, peserta UN berasal dari peserta didik reguler Program Paket A, Paket B, dan Paket C yang mengikuti pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) atau kelompok belajar yang lain. Selain itu, peserta didik yang pindah jalur dari pendidikan formal ke pendidikan nonformal kesetaraan. Dia mencontohkan, siswa yang tadinya duduk di kelas 2 SMP lalu pindah jalur ke program Paket B. “Tetapi(peserta UN) juga bisa (dari) yang tidak lulus UN formal.  Dia bisa mengikuti program apakah Paket B atau C, asal dia pindah jalur lebih dulu maka dia terdaftar sebagai peserta ujian program Paket B atau program Paket C,” katanya.

Mungin menyebutkan, jumlah peserta ujian program Paket A, Paket B, dan Paket C reguler belum termasuk dari siswa pindah jalur adalah sebanyak 504.598 siswa terdiri atas peserta Paket A sebanyak 22.631 siswa, peserta Paket B sebanyak 235.952 siswa, dan peserta Paket C sebanyak 246.015 siswa.

Adapun mata pelajaran yang diujikan untuk program Paket C IPS meliputi Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, dan Ekonomi, sedangkan untuk program Paket C IPA diujikan Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Fisika, dan Matematika.

Sementara program Paket B mengujikan Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan untuk Program Paket A mengujikan Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

Tempat pelaksanaan UN untuk Program Paket A, B, dan C dilaksanakan si SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK atau tempat lain yang bukan tempat penyelenggaraan pendidikan kesetaraan.

Mungin menyebutkan, peserta UN untuk Program  Paket A, B, dan C dinyatakan lulus jika memiliki nilai rata – rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak tiga mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya. “Penyelenggara tingkat kabupaten/kota mengumumkan Daftar Nilai Hasil Ujian Nasional (DNHUN) paling lambat 30 hari terhitung mulai tanggal selesainya pelaksanaan ujian,” katanya.***

Sumber: Pers Depdiknas

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: